keindahan gunung rinjani lombok

Keindahan Gunung Rinjani Lombok dan Keindahan Budayanya

Keindahan Gunung Rinjani Lombok sebagai salah satu gunung terindah di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini rinjani trekking adalah salah satu aktifitas tervaforit di sini.

Gunung yang juga menjadi gunung berapi kedua tertinggi di Negara Indonesia, yakni dengan ketinggian sekitar 3.726 m di atas permukaan laut (dpl) serta terposisi pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT,  menjadikan keindahahan gunung rinjani lombok sebagai gunung terfavorit bagi pendaki di Indonesia karna keindahan pemandangan dan kebersihan gunung ini.

Budaya dan Keindahan Gunung Rinjani Lombok

Dari kejauhan, terlihat Gunung Rinjani berdiri dengan gagahnya, menjulang setinggi langit. Gunung Rinjani menyandang nilai spiritual bagi umat Hindu di Bali dan Suku Sasak. Menurut orang Bali, Gunung Rinjani merupakan satu dari tiga gunung yang disucikan karena diduga sebagai tempat tinggalnya para dewa, setelah Gunung Semeru dan Gunung Agung sehingga selain Keindahan Gunung Rinjani Lombok, ada aspek budaya yang kental disini.

Suhu udara Gunung Rinjani yakni rata-rata sekitar 20 °C, yang terendah sekitar 12 °C. Angin kencang di puncak Gunung Rinjani biasanya terjadi di bulan Agustus.

Taman Nasional Gunung Rinjani mempunyai luas area sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan dengan penambahannya yang bisa menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Salah satu daya tarik dari Gunung Rinjani ialah terdapat sebuah danau yang indah, danau tersebut bernama Danau Segara Anak. Danau ini dapat dilalui dengan dua jalur resmi pendakian yakni jalur Pendakian Senaru dan juga Jalur Pendakian Sembalun.

Untuk menjumpai Danau Segara Anak dari Jalur Pendakian Senaru, maka dibutuhkan waktu tempuh antara 7 – 10 jam dengan berjalan kaki, dengan jarak (± 8 Km) dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru. Sedangkan dari jalur resmi pendakian Sembalun ditempuh dengan waktu sekitar 8 – 10 jam. Danau Segara Anak mempunyai ketinggian kurang lebih 2.010 m dpl dan dengan kedalaman danau sekitar kurang lebih 230 meter dan danau ini mempunyai bentuk seperti bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 Ha.

Disekitar Danau Segara Anak kalian akan dapat melihat sebuah lahan yang cukup luas dan datar, dan dapat digunakan untuk tempat bercamping/berkemah, di danau ini pun para pengunjung juga bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang. Selain itu pula di Danau Rinjani juga terdapat beberapa goa, yakni Goa Susu, Goa Manik, dan juga Goa Payung. Yang dipercaya dapat dijadikan media untuk bercermin diri serta sering pula dipergunakan untuk tempat bermeditasi.

puncak Gunung Rinjani

Untuk mencapai puncak Gunung Rinjani (dari arah danau), kalian harus berjalan kaki dengan mendaki dinding yang tingginya kurang lebih 700m dan menaiki punggungan pegunungan setinggi 1.000 m, yang ditempuh dalam waktu 3 jam atau 4 jam. Perjalanan untuk menuju Puncak Gunung Rinjani tergolong lumayan sulit karena adanya medan pasir, batu dan tanah. Namun semua itu akan terbayar jika kalian sudah mencapai puncak Gunung Rinjani, di puncak kalian akan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *