jalur pendakian gunung rinjani

Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Untuk Traveller Yang Suka Tantangan

Apakah Anda tau Jalur Pendakian Gunung Rinjani? Jika Anda ingin melakukan pendakian di Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini, Maka harus tahu dari mana memulai pendakiannya. Gunung ini merupakan gunung yang berada dalam urutan kedua. tertinggi di Indonesia dan terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani sendiri mempunyai ketinggian sekitar 3.726 m dpl serta terposisi pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT. Dan Gunung Rinjani ini merupakan gunung berapi yang masih aktif. Banyak para pendaki yang ingin menjelajahi gunung ini, karena pemandangan di Gunung Rinjani ini sangatlah indah.

Nah, berikut ini Jalur Pendakian Gunung Rinjani.

1.Jalur Senaru

Di jalur pendakian gunung rinjani ini merupakan jalur yang paling ramai, karena di jalur ini selain dipakai untuk treking, juga kerap digunakan untuk jalur pendakian oleh masyarakat adat yang akan melakukan sebuah ritual adat atau keagamaan di puncak Rinjani atau Danau Segara Anak. Karena bagi umat Hindu di Bali dan Suku Sasak. Menurut orang Bali, Gunung Rinjani merupakan satu dari tiga gunung yang disucikan karena diduga sebagai tempat tinggalnya para dewa, setelah Gunung Semeru dan Gunung Agung.

Rute pendakian Rinjani Trekking untuk Jalur Senaru yakni Senaru – Pelawangan Senaru – Danau Segara Anak. Yang dilakukan dengan berjalan kaki dan memakan waktu kurang lebih 10 – 12 jam melalui trail wisata yang terdapat dalam hutan dan di sepanjang jalan trail telah disediakannya sebuah sarana peristirahatan yang ada di setiap pos. Dari Pintu Gerbang Senaru sampai dengan Danau Segara Anak terdapat 3 pos. Sepanjang jalanan trail, para pendaki dapat menikmati keindahan hutan belantara dan bebatuan yang sangat menakjubkan.

2. Jalur Sembalun

mendaki rinjani

Jalur ini merupakan jalur favorit bagi para pendaki dan merupakan jalur yang ramai. Jalur ini sangat indah dan mengesankan, trail wisata yang kalian lalui merupakan Padang Savana yang sangat menakjubkan dan terdapat punggung gunung yang berliku – liku.

Dibandingkan Jalur Senaru, jalur pendakian ini tidak terlalu curam, akan tetapi, karena didominasi oleh Padang Savana, menjadikan pendakian kalian bermandikan keringat oleh teriknya matahari yang menyengat, namun semua itu akan terbayar saat anda dibuat terpana oleh indahnya pemandangan padang dan hutan yang luas dan juga hijau disebelah timur Gunung Rinjani, bahkan membuat mata anda dimanjakan oleh indahnya Selat Alas dan Pulau Sumbawa di kejauhan.

3. Jalur Torean

Jalur Pendakian Gunung Rinjani ini merupakan jalur terakhir agar kalian bisa mencapai puncak Gunung Rinjani.

Sepanjang jalur ini, dari Desa Torean dapat dijumpai ladang, padang pengembalaan, perkebunan dan merupakan sebuah kawasan Hutan Produksi. Kemiringan sekitar 20 – 45% jarak desa Torean dengan batas Pos I  yakni kurang lebih 5,00 Km dengan kemiringan kurang lebih 10 – 30%.

Flora yang dapat dijumpai yakni: Bajur, Klokos Udang, Rotan Hutan, Bangsal, Lengsir, Jambu, Bunut, Blimbing Hutan, Juwet, dll. Sedangkan hewan yang dapat kalian dijumpai yaitu: beberapa jenis burung ( perkici, Daweuh, Kecial, Srigunting ).

Setelah melewati trek yang sulit, kalian akan sampai pada Puncak Gunung Rinjani ! Dan lihatlah pemandangan di puncak Gunung Rinjani, sangat indah dan menakjubkan bukan. dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan di area Gunung Rinjani 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *